Minggu, 23 Februari 2014

Sarapan Sehat Dan Praktis

Sarapan adalah aktifitas makan di pagi hari yang sering dilakukan dengan terburu-buru akibat  padatnya jadwal kegiatan pagi. Singkatnya waktu untuk mempersiapkan sarapan menjadikan menu sarapan sering disiapkan secara asal-asalan maupun dicari yang serba cepat saji.

Saat ini sebetulnya ada berbagai macam makanan setengah jadi yang praktis dan memerlukan sedikit waktu untuk memprosesnya sehingga siap dijadikan sarapan ataupun bekal . Mulai dari roti tawar yang tinggal oles atau tinggal ditambahkan topping dan jadilah sandwich.

Telur yang praktis untuk dicampurkan dalam tumisan sayur, dijadikan bahan isian  crepes ataupun diceplok begitu saja sebagai teman nasi ataupun roti.

Menurut seorang pakar kesehatan, sarapan menunjang 30-40 % kecukupan energi harian yang dibutuhkan seseorang untuk beraktifitas dalam sehari.
Jadi seseorang yang terbiasa sarapan akan memiliki cukup energi sehingga aktifitas tubuh dan otak tidak terganggu.
Sebaliknya, mereka yang enggan sarapan, biasanya akan mengalami gangguan seperti lemas, kurang konsentrasi dan tidak bersemangat.

Karena waktu persiapan untuk membuat menu sarapan sangat singkat, biasanya kualitas sarapan menjadi kurang diperhatikan. Ceplok telur dengan nasi, ceplok telur dengan roti, mie-goreng, nasi sisa semalam yang digoreng, menjadi menu yang biasa kita temui.

Untuk mensisati hal tersebut ada baiknya menu sarapan sudah kita siapkan malam sebelumnya. Menjelang tidur, alangkah baiknya sudah kita persiapkan bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang akan diolah untuk menu sarapan, misalnya sayuran sudah dicuci bersih dan dikupas, lalu disimpan dalam seal ware, bumbu-bumbu sudah dicuci bersih dan diproses setengah jadi ,lalu disimpan di seal ware, semua bahan kemudian disimpan di lemari pendingin.
Jika bahan utama sarapan esok hari adalah nasi, maka sebaiknya, sebelum tidur, ditanak nasi yang masih baru, sehingga esok pagi tersedia nasi matang yang masih fresh. Jika bahan utamanya roti, pastikan sudah tersedia roti segar yang masih dalam batas layak konsumsi, demikian juga kentang, atau crepes, pastikan semua bahan sudah tersedia.
Maka esok pagi anda tinggal memanasi/ mencampur bahan/ mengolah dalam waktu singkat. Sehingga keluarga anda akan mendapatkan menu sarapan yang lezat dan segar.


Tapi tahukah anda, bahwa pada waktu pagi hari antara saat waktu kita bangun hingga sekitar pukul dua belas siang adalah saat tubuh sedang giat-giatnya melakukan proses pembersihan dan detoksifikasi seluruh sisa-sisa makanan yang  tertimbun dari hari sebelumnya?
jadi sebenarnya menu makanan terbaik antara waktu tersebut adalah makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur. dan alangkah baiknya bila dikonsumsi dalam bentuk smootie atau juice sehingga lebih mudah di cerna oleh tubuh.
Tambahkanlah kacang-kacangan yang di proses secara sederhana seperti dikukus, misalnya, jika buah tak cukup mengenyangkan anda. Makanan yang terlalu banyak diolah, gorengan dan makanan berlemak tinggi akan memberatkan kerja organ pencernakan tubuh.
So tunggu apalagi? mulailah hari anda dengan sarapan, dan pilihlah sarapan terbaik bagi tubuh, yakni juice buah yang segar dan lezat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar