Senin, 02 Desember 2013

Pentingnya sarapan

Hi Ladies, sudahkah sarapan hari ini?

Sarapan atau breakfastmerupakan ritual penting bagi tubuh. Mengapa disebut breakfast? karena semalam tubuh kita sudah berpuasa sekitar delapan jam, dan alat pencernakan kita berada dalam kondisi kosong dan siap mencerna makanan baru. Menurut seorang pakar, sarapan memberikan persediaan energi 30-40% yang dibutuhkan tubuh untuk  aktifitas seharian.

Orang yang terbiasa sarapan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan mereka yang biasa melewatkan sarapan.

Bahkan menurut sebuah penelitian, mereka yang tidak/ jarang sarapan beresiko menderita penyakit maag, darah rendah dan malnutrisi

Nah begitu pentingnya sarapan bagi kesehatan tubuh kita, maka jangan lupa untuk menyempatkan diri membuat sarapan.

Nah apa kira-kira menu sarapan favorit ladies? menurut seorang ahli gizi, komposisi menu sarapan sebaiknya terdiri dari makanan yang kaya serat, serta mengandung protein,  mineral dan vitamin esensial bagi tubuh. . Kurangilah mengkonsumsi makanan yang terlalu manis dan mengandung gula, karbohidrat dan lemak yang tinggi.

Contoh Makanan Yang Sehat Untuk dijadikan Menu Sarapan adalah:
-Buah
-Sayur
-Sereal
-Susu
-Madu

Dan yang paling bagus tetap saja buah, karena selain mengandung se berbagai nutrisi dan  gula alami,buah juga kaya akan serat. Sedangkan pada pagi hari, tubuh sedang berada pada puncak metabolisme dan bersiap membuang semua sisa makanan yang menumpuk di usus. Maka mengkonsumsi buah akan membantu kerja usus besar agar lebih mudah mencerna dan mengeluarkan sisa yang tak diserap tubuh.

Jadi akan bagus sekali bila anda membiasakan sarapan dengan jus/smuti/potongan buah, dibandingkan dengan mengkonsumsi gula, karbohidrat  maupun lemak yang akan memperberat kerja usus.





Komposisi nutrisi yang seimbang dalam makanan adalah apabila mengandung  karbohidrat 50-60%, protein 21-25%, lemak 25-30%, sisanya adalah vitamin dan mineral yang diperlukan dalam berbagai proses metabolisme.
Akan tetapi pengalaman para pengamat dan praktisi diet sehat semacam food combining menganjurkan agar pada pagi hari justeru mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya serat, karena pada pagi hari tubuh sedang bekerja keras membuang semua racun/sisa makanan dalam tubuh. Sehingga makanan yang mudah dicerna akan sangat membantu proses detoksifikasi alamiah ini.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar